Leonardo da Vinci selain dikenal sebagai pelukis yang terkenal juga dikenal sebagai pematung, musisi, ilmuan, insinyur, arsitek, dan ahli dalam bidang matematika, anatomi, astronomi, dan geologi.

Lahir pada tahun 1452 di desa Vinci, Italia, Leonardo menghabiskan masa remajanya di Florence dan menjadi murid seniman terkenal, Andrea del Verrocchio. Dalam waktu singkat, ia dapat mengembangkan gaya lukisnya sendiri yang unik dan tidak terpengaruh tradisi, bahkan ia menggunakan ramuan catnya sendiri. Lukisanya yang terkenal sepanjang masa adalah The Last Supper (Perjamuan Terakhir) dan Mona Lisa.

Copy of leonardo_da_vinci

Tidak hanya melukis, Da Vinci juga pandai mendesain struktur mekanik seperti jembatan dan pintu air, juga merancang sketsa peralatan militer seperti senjata, tank, ketapel raksasa, senjata mesin. Menurut da Vinci, Ilmu pengetahuan dan seni lukis berhubungan erat.

Meskipun da Vinci tak pernah berhenti mengejar kemajuan dan tak pernah mengenal rasa puas, karyanya yang benar-benar selesai tidaklah banyak. Peninggalannya yang berupa setumpuk sketsa itu membuktikan bahwa da Vinci adalah seorang yang genius. Leonardo da Vinci meninggal dunia pada tanggal 2 Mei 1519 di Chateau de Cloux, dekat Amboise, Perancis.