Joomla ialah CMS (Content Management System) yang bersifat opensource dan gratis. Penggunaannya sangat mudah bahkan untuk seseorang yang sama sekali tidak mengerti HTML sekalipun. Kita tidak membutuhkan pengetahuan tentang desain atau pemrograman dalam membuat website. Tidak membutuhkan waktu yang relative singkat dibandingkan membuat website dengan aplikasi lain. Yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan dasar mengenai cara menginstal. Joomla terbuka untuk di download di situs http://www.joomla.org. Untuk versi bahasa Indonesia, Anda bisa belajar sekaligus bertanya terhadap user yang aktif di http://www.id-joomla.com/.

Tahap pertama yang harus kita lalukan adalah menginstal XAMPP, cara menginstal XAMPP adalah sebagai berikut :

  1. Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe (atau versi lainya).
  2. Pilih bahasa Indonesia sebagai bahasa menu. Lalu klik Ok.
  3. Pada layar menu selanjutnya klik maju (pastikan anda tidak sedang menjalankan program lainnya saat instalasi) lalu pilih Saya Setuju.
  4. Pada pilihan lisensi install klik Install.
  5. Tunggu sampai proses Instalasi selesai lalu klik Selesai.
  6. Untuk memulai menjalankan xampp; klik start, all program lalu klik xampp basic start. Di bawah basic start juga terdapat pilihan basic stop untuk menghentikan program.
  7. Setelah itu pada browser internet anda akan muncul program Xampp. Klik tulisan English untuk memunculkan menu dalam bahasa inggris.

Tahap kedua adalah menginstall Joomla, cara menginstall Joomla adalah sebagai berikut :

  1. Kopi file dengan nama Joomla 1.0.15 ke folder tujuan C:\apachefriends\xampp\htdocs (sesuai dengan tempat di mana menginstal xampp).
  2. Setelah menggati nama (klik kanan pada folder Joomla 1.0.15 lalu pilih rename). Rename dengan nama yang di inginkan (contoh web).
  3. Jalankan xampp melalui perintah xampp basic start lalu  ketikan alamat localhost/web pada web browser. Maka akan langsung diarahkan menuju tahap instalasi Joomla.
  4. Pada tahap pertama tampilan instalasi Joomla. Joomla akan otomatis mengecek kebutuhan untuk setting. Setelah itu dapat langsung klik next di kanan atas.
  5. Tahap selanjutnya ada akan masuk ke dalam lisensi penggunaan software Joomla. Klik next.
  6. Tahap selanjutnya anda harus melakukan konfigurasi database yang akan digunakan.

Ketik localhost pada kolom hostname,

Ketik root pada kolom mysql user name,

Kosongkan kolom mysql password,

Ketik myweb pada kolom mysql database name.

7. Selanjutnya memberi nama situs sesuai dengan nama yang di inginkan. Contoh webkita.

8. Isi data admin dan path. Ketik alamat email yang sesuai.  Untuk admin password gunakan password 1234. Untuk pilihan lainnya biarkan saja.

9. Klik Yes.

10.  Sekarang jalankan web browser dan ketik alamat localhost/webkita (pastikan xampp masih aktif). Untuk memunculkan situs Joomla yang baru di instal.

Untuk melihat video klik alamat di bawah ini :

http://www.youtube.com/watch?v=Kg4DvyeVnJk