tomatoTomat memiliki dua macam yaitu tomat buah dan tomat sayur. Perbedaanya adalah pada bentuk dan ketebalan kulitnya. Tomat buah, bentuknya agak lonjong dan berkulit tebal. Tomat ini tidak tahan hujan, sinar matahari terik, tanah yang ditanami harus subur dan gembur, tomat dapat dimakan langsung atau di buat jus dan sebagainya .Sedangkan tomat sayur berbentuk tipis dan berkulit agak tipis. Tomat jenis ini lebih tahan lama dibandingkan tomat sayur. Tomat sayur biasanya digunakan sebagai campuran sayur yang dimasak, dan tidak bisa tahan lama (cepat busuk).

Buah tomat rasanya manis, asam, dan sifatnya sedikit dingin. Beberapa tomatkandungan gizi yang terdapat pada tomat yakni kaya akan Vitamin A, Vitamin C, Mineral, Serat, Zat Fitonutrien, Kalori 20 kal,  Protein 1.0 g,  Lemak 0.3 g,  Karbohidrat 4.2 g,  Kalsium 5 mg, Viamin C 40 mg. Tomat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat tomat antara lain :

  • Mengatasi gusi berdarah; caranya sebuah tomat dicuci bersih, lalu dimakan segar-segar. Lakukan ini 1x sehari selama sebulan.
  • Menghaluskan wajah; caranya sebuah tomat yang berwarna merah tua diperas. Kemudian oleskan airnya ke wajah berkali-kali setiap hari. Atau dapat juga tomat diiris lalu digosokkan ke wajah.
  • Mengatasi jerawat dan kulit kusam; caranya siapkan beberapa potong tomat segar, lalu gosoklah pada wajah yang sudah dibersihkan. Ratakan pada seluruh wajah, biarkan mengering dan diamkan selama 15- 20 menit. kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan minimal 2 kali sehari.
  • Mengatasi kulit terbakar sinar matahari, jerawat, radang kulit, kurap, luka, dan borok kronis; caranya giling halus buah masak atau daun segar, bubuhkan ke tempat yang sakit.
  • Mengatasi sembelit; caranya sesekali minum jus tomat sesudah makan.

Sumber :

http://www.balita-anda.indoglobal.com/fatherhood/223.html

http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Kesehatan_Manfaat_Dibalik_Jus_Dan_Buah_Tomat/32987.

http://myhobbyblogs.com/food/2008/02/02/tomat-sumber-antioksidan-alami/