Layanan informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat mengolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembanganya. Tujuan informasi secara umum agar terkuasainya informasi tertentu, sedangkan tujuan informasi secara khusus terkait dengan fungsi pemahaman dan memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya.

Layanan informasi menjadikan individu mandiri yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat mengaktualisasikan diri.

Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan dapat dengan mudah dimanfaatkan apabila informasinya tidak dihimpun, diolah, dan disajikan dengan baik. Berdasarkan karakter pengguna informasi, Atherthon dalam Chowdhury (1999) menyatakan terdapat tiga kelompok penting pengguna system informasi ilmu dan teknologi, yaitu sebagai berikut :

  1. Peneliti digunakan untuk penelitian dasar maupun terapan.
  2. Praktisi dan teknisi digunakan untuk kegiatan pengembangan dan operasional berbagai disiplin ilmu, seperti teknologi industry, pertanian, kedokteran, dan komunikasi.
  3. Manajer, perencanaan dan penganbilan keputusan.

Ketiga kelompok pengguna tersebut menetapkan kecepatan dan ketepatan sebagai variabel keputusan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

* Kebutuhan layanan informasi dapat dilihat dari dua aspek berikutnya ini :

a) Layanan Publik

Tenaga teknologi telamatika yang dibutuhkan untuk layanan publik,          adalah tenaga untuk mengolah e-government. Sebagai gambaran dari   kebutuhan ini dapat dilihat dari jumlah tenaga pemerintah pusat, kabupaten/kota dan lembaga lainnya.

b) Layanan Komersial

Tenaga teknologi telematika di bidang ini adalah personil yang bekerja di bidang jasa di berbagai bidang dimana transaksi dengan konsumen dan kliennya menggunakan dukungan teknologi telematika, seperti e-bisnis, e-education, s-health, dan media saiber.

Sumber :

http://konselingindonesia.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=22

http://www.pustaka-deptan.go.id/publikasi/pp172082.pdf

http://www.smpm1simpon.com/PERMEN/BK_BP/SATUAN%20LAYANAN%20VII.doc