Password merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga data kita dari tanggan yang tidak bertanggung jawab… Tulisan dibawah ini bukan murni tulsan saya sendiri… tapi saya ingin berbagi informasi kepada kalian.. Ini ada beberapa teknik pengamanan yang berhubungan dengan password…

Æ  Shadow Password

Salah satu cara untuk mempersulit pengacau untuk mendapatkan berkas yang berisi password (meskipun terenkripasi) adalah dengan menggunakan “shadow password”. Mekanisme ini menggunakan berkas atau shadow untuk menyimpan encrypted password, sementara kolom password di berkas /etc/passwd berisi karakter “x”. berkas /etc/shadow tidak dapat dibaca secara langsung oleh pemakai biasa.

Æ  Memilih Password

Dengan adanya kemungkinan password ditebak, misalnya dengan menggunakan program password cracker, maka memilih password memerlukan perhatian khusus. Berikut ini adalah daftar hal-hal yang sebaiknya tidak digunakan sebagai password :

  1. Nama anda, nama istri / suami anda, nama anak, ataupun nama kawan.
  2. Nama computer yang anda gunakan.
  3. Nomor telepon atau plat nomor kendaraan anda.
  4. Tanggal lahir.
  5. Alamat rumah, nama tempat yang terkenal.
  6. Kata-kata yang terdapat dalam kamus (bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris).
  7. Password dengan karakter yang sama diulang-ulang.

Æ  Telnet atau shell aman

Telnet atau remote login digunakan untuk mengakses sebuah “remote site” atau computer melalui sebuah jaringan computer. Akses ini dilakukan dengan menggunakan hubungan TCP/IP dengan menggunakan user id dan password.

Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk menjaga kerahasiaan data-data kalian… Terimakasih….

Sumber :

http://pksm.mercubuana.ac.id/new/elearning/files_modul/15011-13-140668085510.pdf