Tulisan ini bukan tulisan saya sendiri, tetapi saya mengutip dari artikel.. Saya hanya ingin mensharing kepada teman-teman tentang Windows NT… supaya menambah pengetahuan dan mempelajari segala sesuatu yang belum kita ketahui….

Sekilas Tentang Windows NT

Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor, dimulai dari Intel 80×86 (hingga sekarang), MIPS R4×00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80×86, Intel IA64 dan AMD64 (atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosesor tersebut.

Sistem Operasi Windows NT

Sistem Operasi Windows NT adalah sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan local. Sedangkan Microsoft Windows NT adalah sebuah sistem operasi yang penting untuk industry computer. Software ini dirancang khusus untuk memecahkan dilemma-dilema yang dihadapi oleh pemakai komputer perusahaan.

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah :

a. Menjalankan software-software yang dibuat di dalam lingkungan sistem operasi MS-DOS dan Microsoft Windows.

b. Bekerja dengan kinerja tinggi, dapat menjalankan Windows NT sebagai platform untuk critical-mission applications perusahaan, juga bagi aplikasi personal-productivity.

c. Bekerja pada komputer-komputer produksi berbagai pabrik, termasuk mesin-mesin yang berdasarkan jalur mikroprosesor  Intel dan mikroprosesor yang berdasarkan RISC.

d. Bekerja pada mesin-mesin prosesor tunggal atau multiprosesor.

e. Bekerja sebagai sebuah jaringan klien dan server.

f. Mendukung program-program kelas baru 32-bit, dengan begitu dapat menyerap keuntungan dari kemajuan teknologi hardware yang dibuat berbagai pabrik pada masa yang akan datang.

g. Dapat menampilkan keamanan built-in serta Networking dan juga tersedia dalam versi workstation dan server.

Kemampuan yang dimiliki Windows NT adalah :

a. Keamanan (security) : Windows NT memungkinkan kita mengontrol orang yang dapat menggunakan komputer kita dan cara menggunakannya.

b.  Penyimpanan data yang luwes dan terpercaya juga merupakan kebutuhan untuk critical-mission application.

c. Windows NT dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi

d. Windows NT mempunyai preemptive multitasking untuk menyelesaikan multitasking. Pada metode ini, sistem operasi menduduki lebih dulu setiap perintah aplikasi mikroprosesor. Hasilnya, sistem operasi memegang kontrol atas komputer bukan menunggu aplikasi memberikan perintah tersebut.

e. Memiliki kemampuan untuk mengeksekusi beberapa threads dalam satu aplikasi.

Versi Windows NT

Windows NT diluncurkan dalam beberapa edisi, meskipun produk tersebut dibangun dari kode sumber yang sama, yaitu sebagai berikut:

  1. Windows NT Workstation, yang dikhususkan untuk penggunaan pada workstation jaringan.
  2. Windows NT Server, yang dikhususkan untuk penggunaan pada server jaringan.
  3. Windows NT Enterprise Server atau Windows NT Advanced Server, yang sama-sama ditujukan untuk penggunaan pada server jaringan, tetapi menawarkan lebih banyak fungsi dan fitur daripada Windows NT Server standar.

Edisi Windows NT

Sejak pertama kali diluncurkan, Windows NT telah mengalami beberapa perbaikan versi, yaitu sebagai berikut.

  1. Windows NT versi 3.1.
  2. Windows NT versi 3.50.
  3. Windows NT versi 3.51.
  4. Windows NT versi 4.0.
  5. Windows NT versi 5.0 (atau dikenal dengan Windows 2000, versi internalnya 5.0 build 2195).
  6. Windows NT versi 5.1 (atau dikenal dengan Windows XP, versi internalnya 5.1 build 2600).
  7. Windows NT versi 5.2 (atau dikenal dengan Windows Server 2003, versi internalnya 5.2 build 3790).
  8. Windows NT versi 6.0 (atau dikenal dengan Windows Vista).
  9. Windows NT versi 6.1 (atau yang dikenal dengan Windows Server 2008, yang memiliki codename Longhorn Server).

Sumber :

http://diantrilestari.ngeblogs.com/sistem-operasi-windows/

http://1bra.blogdetik.com/windows-nt/