Dalam sebuah organisasi maupun di dalam suatu kegiatan yang ada di dalam masyarakat kita tidak akan terlepas dari kerjasama antar satu tim dalam mengerjakan sebuah tugas, sebuah proyek, sebuah nilai seni yang bernilai tinggi. Namun semua itu tidak akan dapat terwujud dengan ketidak efisienan  suatu tim dalam mengerjakan semua itu. Saya akan mencoba sharing kepada teman-teman bagaimana cara membangun tim yang efektif.

Apa si yang dimasukud sebuah tim ?? Tim adalah suatu kelompok yang memiliki keikatan dan intereaksi yang harmonis memacu terjadinya perubahan pertumbuhan dan perkembangan pribadi maupun organisasi.

Ciri-ciri suatu tim tidak akan berhasil adalah :

1. Kurangnya visi dan misi

2. Moral atau semangat tim yang rendah

3. Kemampuan mental yang rendah

4. Ketidak jelasan tim dengan angotanya

Membangun tim yang efektif :

Menurut Robert B. Maddux dalam bukunya Team Building mengatakan bahwa manfaat membangun tim yang efektif adalah sebagai berikut:

  1. Dengan adanya tim maka sasaran yang realistis ditentukan, dan dan dapat dicapai secara optimal
  2. Anggota tim dan pemimpin tim memiliki komitmen untuk saling mendukung satu sama lain agar tim berhasil.
  3. Anggota tim memahami prioritas anggota lainnya dan dapat saling membantu satu sama lain
  4. Komunikasi bersifat terbuka, diskusi cara kerja baru atau memperbaiki kinerja lebih berjalan secara baik, karena anggota tim terdorong untuk lebih memikirkan permasalahannya.
  5. Pemecahan masalah lebih efektif karena kemampuan tim lebih memadai.
  6. Umpan balik kinerja lebih memadai karena anggota tim mengetahui apa yang diharapkan dan dapat membandingkan kinerja mereka terhadap sasaran tim.
  7. Konflik diterima sebagai hal yang wajar, dan dianggap sebagai kesempatan untuk menyelesaikan masalah. Melalui diskusi tersebut konflik bisa diselesaikan secara maksimal.
  8. Keseimbangan tercapainya produktivitas tim dengan pemenuhan kebutuhan pribadi.
  9. Tim dihargai atas hasil yang sangat baik, dan setiap anggota dipuji atas kontribusi pribadinya.Anggota kelompok termotivasi untuk mengeluarkan ide-idenya dan mengujinya serta menularkan dan mengembangkan potensi dirinya secara maksimal.

Menurut Wandi. S. Barata dan Pius M. Sumaktoyo dalam bukunya Mencapai Sasaran melalui Kerjasam Tim, adalah:

  1. Tim merupakan kumpulan orang-orang yang bekerja sama dengan tujuan tertentu, demi mencapai sasaran-sasaran yang jelas dengan diketahui oleh semua angta tim dalam suasana saling mempercayai dan penuh percaya diri serta mengutamakan unjuk kerja.
  2. Dalam suatu tim yang efektif anggota kelompok bersedia menerima berbagai perbedaan dan sumbangan pemikiran serta masing-masing individu memiliki pran yang berbeda-beda.
  3. Pemecahan masalah dilaksanakan secara positif tanpa melibatkan kebencian individu.
  4. Para anggota dan pemimpin tim bersedia berbagi ilmu, pengetahuan, informasi dan ketrampilan agar seluruh tim memiliki kemampuan yang sama. Dalam hal ini tidk trjadi penonjolan pribadi.
  5. Apabila terjadi pendapat mereka akan duduk bersama dan memecahkan permasalahan yang akan dengan kepala dingin dan memecahkan masalah secara terbuka.
  6. Pembagian dan pendelegasian tanggungjawab dengan orang-orang yang bekerja secara mandiri tetapi tetap dalam kerangka kerjasama.
  7. Berbagai saran untuk memperbaiki kinerja organisasi diterima dengan bik, walaupun berasal dari anggota tim yang lain.
  8. Seluruh anggota tim tidak ragu-ragu mengambil inisiatif dan tindakan yang diperlukan, tanpa merasa cemas akan suara menentang.

Sumber :

http://www.google.co.uk/url?sa=t&source=web&ct=res cd=1&ved=0CAYQFjAA&url=http%3A%2F%2Fadmanfd.files.wordpress.com%2F2008%2F02%2F9-adman-spdfinal.doc&rct=j&q=ciri-ciri+membangun+tim+kerja+yang+efektif&ei=6PKOS_LrIIW4rAe-4ozDCw&usg=AFQjCNE6BUUJfeUw0NcsNXTV-yUaS_Gs3A