Dalam sebuah organisasi maupun di dalam suatu kegiatan yang ada di dalam masyarakat kita tidak akan terlepas dari kerjasama antar satu tim dalam mengerjakan sebuah tugas, sebuah proyek, sebuah nilai seni yang bernilai tinggi. Namun semua itu tidak akan dapat terwujud dengan ketidak efisienan  suatu tim dalam mengerjakan semua itu. Saya akan mencoba sharing kepada teman-teman bagaimana cara membangun tim yang efektif.

Secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan produktivitas.

  • Semangat : Muncul karena masing-masing anggota percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik
  • Saling percaya : Rasa saling percaya antar sesama anggota merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim, agar tim mampu bekerja secara efektif.
  • Kedekatan : Kedekatan antar anggota merupakan perasaan yang mampu menyatukan anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang kohesif akan lebih produktif.
  • Komunikasi : Agar tim bisa berfungsi dengan baik, semua anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan hubungan antar pribadi secara baik, bicara secara terbuka satu sama lain, memecahkan konflik yang ada, dan secara bersama menghadapi masalah. “Poor communication means no team”
  • Produktivitas : Tim seyogianya dapat menyelesaikan tugas yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi sumber daya, ketrampilan, pengetahuan, kepemimpinan, maka tim berpotensi sangat lebih efektif daripada perorangan.

Sumber :

http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&ct=res&cd=2&ved=0CAkQFjAB&url=http%3A%2F%2Fhome.unpar.ac.id%2F~hasan%2FTeam%2520Buliding.doc&rct=j&q=Membangun+Tim+Kerja+yang+Efektif&ei=aaeYS47jFI_m7APNvrXMCA&usg=AFQjCNFA3LIgfT1mRHIR6tzbCPkYi4OkkQ