Siapa sih yang tidak tahu mozilla firefox ?. Mozilla firefox marupakan sarama untuk masuk ke dalam situs internet atau website. Untuk lebih jelasnya lagi, saya akan mengulas sedikit tentang mozilla firefox.

Mozilla Firefox adalah sebuah program browser seperti Internet Explorer. Tetapi Mozilla Firefox memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Internet Explorer.

Contoh saja, pada Internet Explorer tidak memiliki fasiltas memblock pup up atau menutup sebuah site yang meminta mendownload sebuah program.

Ketika memcoba program Mozilla Firefox, keunggulan pada program browser ini mampu menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh Internet Explorer.

# Maskot Mozilla Firefox

1. KIT

Maskot bertampang memelas ini didesain Sean Martell berdasarkan ide dari Chris Beard pada tahun 2006 dan diperkenalkan pertama kali kepada khalayak dengan nama Renardo di konferensi para pengembang Firefox yang bertempat di Mountain View, California. Kemunculannya menjadi sangat populer pada konferensi SXSW Interactive (festival industri kreatif di kota Texas) di tahun 2007dan ditayangkan ke DL.TV. Karena maskot tersebut terlihat seperti rubah yang masih sangat kecil, maka diberi nama Kit (bayi rubah).

2. FOXKEH

Maskot ini lahir di bulan September 2006 dari tangan tim Mozilla Jepang dan seperti yang kita tahu Jepang terkenal dengan desain karakter kartunnya lucu dan unik, begitupun dengan Foxkeh.  Maskot Firefox yang satu ini tampil sangat menggemaskan dan kehadirannya cukup dikenal di kalangan pengguna browser Firefox tidak terbatas di Jepang saja.

3. G-FOX

Pada bulan Juni 2008 Mou-Zhi Network (kantor cabang Mozilla di China) melalui CEO-nya, Gong-Li memperkenalkan maskot Firefox yang diberi nama G-Fox. Dan seperti halnya saudara-saudaranya dari Amerika  dan Jepang, Kit dan Foxkeh, kehadirannya bertujuan untuk membuat kampanye penggunaan Firefox menjadi lebih menyenangkan dan bisa lebih diterima terutama untuk para penduduk China.

4. FOXMOSA

Dari komunitas Mozilla di Taiwan lahirlah maskot Firefox keempat yang diberi nama Foxmosa. Sudah beberapa tahun yang lalu maskot lucu ini membantu berbagai kegiatan promosi Firefox, seperti mempromosikan Firefox versi 2, Download Day dan pesta Firefox 3 untuk penggguna di Taiwan. Tapi baru kali ini beritanya dipublikasikan di situs resmi Mozilla setelah menerima detil informasi tentang Foxmosa darisalah satu anggota komunitas Mozilla Taiwan, yaitu Handsome Puppy. Sehingga sekarang ini Foxmosa sudah keluar dari kandangnya dan mulai bergabung dengan saudara-saudaranya yang lain.

Sumber :

http://www.obengware.com/software/mozillafirefox.htm

http://www.forumkami.com/forum/sejarah/22068-sejarah-logo-mozilla-firefox.html