Banyak orang yang salah atau mengira-ngira tentang sesorang yang memiliki indra keenam atau anak indigo. Sekarang saya akan mencoba mengulasnya dari beberapa sumber yang saya dapat.


Indra Keenam

Istilah yang tepat untuk indera keenam (sixth sense) dalam dunia medis adalah extra sensory perception (ESP). Semua orang punya kemampuan ESP (indera keenam) ini sejak lahir. Ketika masih balita, ESP seorang anak berkembang, lantaran panca inderanya belum banyak digunakan. Untuk itu, tidak heran seorang anak kadang mampu melihat makhluk halus, bahkan melihat masa lalu dan masa depannya. Semuanya bergantung pada ketajaman masing-masing. ESP adalah karunia Tuhan yang diberikan kepada setiap insan. Ia tidak akan hilang seumur hidup, walau lama tidak dilatih.

Indera keenam manusia yang punya istilah ilmiah Extra Sensory Perception (ESP) adalah kemampuan menerima informasi tanpa melalui pnca indera. kemampuan tersebut meliputi:

– Telepathy: kemampuan membaca pikiran
– Clairvoyance : kemampuan melihat peristiwa yang terjadi di tempat lain
– Precognition: kemmpuan meramalkan yang akan datang
– Retrocognition: kemampuan melihat kejadian di masa lampau
– Psychometri: kemampuan menggali informasi lewat benda

Dari sisi psikologi, indera keenam ini merupakan perkembangan otak kanan manusia yang sudah sangat maju. otak kanan adalah pusat pengelolaan kepekaan jiwa. makin peka jiwa seseorang, makin tajam pula intuisinya.sedang menurut orang india, indera keenam itu letaknya ada di tengah2 kedua alis kita. pada dasarnya, manusia mempunyai 3 mata. jadi sebemarnya semua orang punya indera keenam, tapi ada yang terbuka, dan ada juga yang masih tertutup. bagi yang sudah terbuka, kemampuan itu bisa menjadi tumpul jika tidak diasah.

Generasi Spiritual
Secara fisik, kita tidak bisa membedakan seseorang yang memiliki indera keenam dan tidak. Untuk mengetahuinya harus dengan indera keenam pula. Namun, para psikiater punya metode sendiri. Psikiater akan mengeluarkan kartu yang disebut ESP card. Jumlahnya 25 kartu dengan gambar-gambar berbeda-beda. Bila setelah dikocok, lebih dari 5 kali, seseorang mampu menebak gambar kartu dengan benar, berarti dia memiliki indera keenam. Bila hanya 5 kali, apalagi kurang, tidak memiliki indikasi indera keenam.

Kini, ada teknologi baru untuk mengetahui indera keenam,yaitu dengan foto aura. Foto aura ini menggunakan teknologi yang disebut aura video station. Saat difoto, aura akan terlihat jelas warna-warni aura manusia. Aura itu, terkait dengan hormon yang disebut hipofisis dan epificis di otak. Yang memiliki indera keenam, dahinya berwarna aura nila (campuran ungu dan merah). Mereka yang beraura seperti itu, selain memiliki kecerdasan di atas rata-rata, juga memiliki spritualitas tinggi. Akhir-akhir ini, di seluruh dunia banyak lahir anak-anak yang memiliki ESP. Di Indonesia fenomena ini mencuat ketika memasuki tahun 2000. Mereka biasa disebut anak indigo. Kecerdasan dan sikapnya jauh melebihi usianya. Ia lain dari anak-anak sebayanya. Untuk ituanak-anak indigo kerap dianggap sebagai anak aneh atau ajaib. Berbeda dengan anak cerdas yang bila diajarkan, ia cepat menangkap, maka pada anak indigo tanpa diajarkan pun, dia sudah langsung menguasai ilmunya. IQ-nya antara 125-130.

Kemampuan cenayang

Kemampuan cenayang adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi, Energy, atau kekuatan di dalam kesadaran kosmik, Serta kemampuan untuk memamfaatkan informasi, energy, atau kekuatan yang telah di peroleh.

Gunakan kemampuan anda untuk membantu diri sendiri dan orang lain, tetapi bukan untuk pamer. Kemampuan cenayang anda adalah kehidupan anda dan bukan untuk menjadi pusat perhatian. Penyalahgunaan kemampuan cenayang oleh seseorang dapat mengakibatkan kemampuan tersebut berbalik menghancurkan diri sendiri.

Keempat unsur diperlukan untuk pencapaian kemampuan cenayang/Indera keenam:

1. Memiliki Harapan
2. Menciptakan Impian (Visualisasi )
3. Melepaskan Impian kedalam Pikiran Agung (Kepercayaan dan komitmen) Sambil tetap mempertahankan Visualisasi
4. Melakukan Tindakan Konstruktif (Latihan mengendalikan dan mengarahkan impian)

Cara tersebut dapat membantu anda untuk mencapai sesuatu yang benar-benar anda inginkan, kuncinya, anda benar-benar menghendakinya. Banyak orang berharap agar terjadi perubahan. Tetapi, yang terjadi hanya sampai pada tahap harapan. Mereka tidak mempunyai keinginan kuat untuk melakukan perubahan. Agar harapan anda bisa menjadi kenyataan, anda harus mengikuti Hukum alam semesta.

Sebagian besar cenayang banyak menggunakan indera penglihatan di dalam karya cenayang mereka. Ada dua macam penglihatan cenayang: Pertama, Menyangkut penglihatan citra, pemandangan, atau berbagai mahluk yang ada di dalam pikiran kita. Kedua, Menyangkut penglihatan citra, pemandangan, atau berbagai mahluk yang berada di luar pikiran kita. Dalam konteks ini, mahluk yang di maksud misalnya hantu, arwah, atau bias dengan merasakan kehadiran bahkan menyentuh entitas lain.

Sumber :

http://www.pro-vclinic.web.id/articles/indera-keenam-muncul-saat-panca-indera-tidak-bekerja.html

http://pangestikarahadyani.ngeblogs.com/2010/01/14/indra-keenam/

http://forum.detik.com/showthread.php?t=37951